Hubungan Mata Pelajaran Sosiologi Terhadap Sikap Sosial Siswa di Sekolah
Main Author: | Erawati, Desi |
---|---|
Format: | Research NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IAIN Palangka Raya
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/602/1/summery%20hasil%20penelitian%202012pdf.pdf http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/602/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan nasional masih diwarnai oleh pemikiran dilematis antara kuantitas dan kualitas pendidikan, memunculkan tantangan bagaimana menjadikan dua sisi tersebut menjadi kekuatan dalam menggali sumber daya pendidikan. Penelitian ini concern dalam kajian seberapa pengaruh mata pelajaran sosiologi terhadap perkembangan sikap sosial siswa di sekolah. Metode penelitian yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan mixing method yaitu gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara mata pelajaran Sosiologi dengan sikap sosial siswa, maka setiap pertanyaan diberikan pada setiap individu secara per orang. Skor pengetahuan, sikap dan intensitas penggunaan dianalisis dengan korelasi product moment sederhana. Pengaruh mata pelajaran sosiologi terhadapa perkembangan sikap sosial siswa dapat dikategorikan dengan nilai tinggi. Setelah mempelajari ilmu sosiologi hasil yang didapatkan yaitu dapat terlihat pada beberapa indikator seperti berkomunikasi dengan santun adalah 61,11, menghargai pendapat teman berkisar 88,96, bekerjasama 73,72 dan disiplin waktu 70,83. Dari hasil penghitungan yang telah dilakukan maka sikap sosial siswa di sekolah adalah 73,66 dengan kategori tinggi. Adapun nilai hasil hubungan antara mata pelajaran sosiologi dengan sikap sosial siswa adalah 0,01 menunjukkan signifikansi hubungan mata pelajaran sosiologi terhadap sikap sosial siswa. Tolak ukur yang digunakan adalah dengan menggunakan hasil tes belajar berupa latihan soal-soal dan observasi