Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari satu kenyataan di lembaga pendidikan tentang fenomena implementasi pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah yang belum berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam pengamatan peneliti kepala madrasah belum maksimal dalam menyusun perencanaan, melaksanakan, melakuka tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian difokuskan pada kegiatan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Guru PAI MAN Model Palangka Raya. Adapun tujuan penelitian ini adalah peneliti berpaya memotret secara utuh dan mendeskripsikannya pada kajian perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan kepala MAN Model Palangka Raya dalam meningkatkan Profesionalisme guru PAI. Selain itu juga mendeskripsikan kesulitan serta upaya yang dilakukan Kepala MAN Model Palangka Raya untuk mengatasi kesulitan dalam mengelola supervisi akademik. Penelitian supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme Guru PAI MAN Model Palangka Raya ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami supervisi akademik yang dilakukan Kepala Madrasah untuk meningkatkan profesionalisme Guru PAI MAN Model Palangka Raya Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan pada penelitian yang Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di MAN Model Palangka Raya dapat diambi simpulan seagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Tindak lanjut hasil supervisi akademik yang dilakukan kepala MAN Model Palangka Raya dalam meningkatkan Profesionalisme guru PAI sudah berjalan baik dan sesuai dengan konsep dan pinsip idealnya. Kesulitan yang dihadapi oleh Kepala Madrasah MAN Model Palangka Raya dalam mengelola supervisi akademik adalah tentang pengetahuan dan keterampilan mengajar guru, peningkatan komitmen (commitmen) atau kemauan (willingness) atau motivasi (motivation) guru di MAN Model. Upaya yang dilakukan Kepala Madrasah MAN Model Palangka Raya untuk mengatasi kesulitan dalam mengelola supervisi akademik adalah dengan menciptakan hubungan-hubungan yang harmonis dengan para guru, mengidentifikasi dan memenuhi kekurangan masalah media, memantapkan cara dan strategi dalam masalah pembelajaran.