Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya

Main Author: Rahamadi, Rahmadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/1/Skripsi%20Rahmadi.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/
ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/</relation><title>Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya</title><creator>Rahamadi, Rahmadi</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Permasalahan-permasalahan yang dialami guru PAI dalam mengajar, sehingga berdampak pada kurangnya prestasi keagamaan dan ketidak ketercapaian tujuan Pendidikan Agama Islam, dimana salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam adalah membentuk insan yang religius dan berakhlakul karimah. Problem yang ada pada guru diklasifikasikan menjadi 2 yaitu problem internal dan problem eksternal. Berdasarkan masalah yang dirumuskan yaitu problem apa saja yang dihadapi guru PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya dalam proses pembelajaran, yang meliputi 1) Merumuskan perencanaan pembelajaran; 2) Penguasaan materi; 3) Penggunaan metode belajar; 4) Penggunaan media belajar; dan 5) Penguasaan kelas&#xD; &#xD; Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendiskripsikan segala problem guru dalam merumuskan perencanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 2) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan materi PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 3) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menggunakan metode pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 4) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menentukan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 5) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan kelas saat pembelajaran berlangsung.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitian adalah problem guru dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru mata pelajaran PAI di di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem yang dihadapi dalam merumuskan perencanaan pembelajaran adalah bagaimana menyesuaikan antara materi dengan metode yang pas agar dalam penyampaiannya dapat terlaksana secara maksimal. Metode-metode yang telah direncanakan ternyata tidak dapat digunakan secara maksimal karena alokasi jam belajar yang sangat sedikit, sehingga sebagai solusinya guru SM dan guru LL hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Materi baca al-Quran menjadi masalah terbesar dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 6, hal ini karena kurangnya pembiasaan bagi siswa untuk membaca al-Quran. Selain kurang pembiasaan, ketika peserta didik membaca al-Quran dan terdapat kekeliruan tidak ada koreksi yang dilakukan guru terhadap bacaan anak, bahkan ketika mencontohkan masih terdapat kekeliruan dalam bacaannya. Kelengkapan media yang sangat minim menjadikan guru LL hanya menggunakan papan tulis dan buku paket sebagai media belajar. Kurangnya kemampuan guru dalam mengatur kelas, menjadikan suasanan belajar yang kurang menarik sehingga minat belajar siswa tidak dapat dipertahankan untuk mengikuti proses pembelajaran hingga membuat siswa terlihat bosan ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar.</description><date>2016-11-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/1/Skripsi%20Rahmadi.pdf</identifier><identifier> Rahamadi, Rahmadi (2016) Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahamadi, Rahmadi
title Problematika guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Palangka Raya
publishDate 2016
topic 130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/1/Skripsi%20Rahmadi.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/558/
contents Permasalahan-permasalahan yang dialami guru PAI dalam mengajar, sehingga berdampak pada kurangnya prestasi keagamaan dan ketidak ketercapaian tujuan Pendidikan Agama Islam, dimana salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam adalah membentuk insan yang religius dan berakhlakul karimah. Problem yang ada pada guru diklasifikasikan menjadi 2 yaitu problem internal dan problem eksternal. Berdasarkan masalah yang dirumuskan yaitu problem apa saja yang dihadapi guru PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya dalam proses pembelajaran, yang meliputi 1) Merumuskan perencanaan pembelajaran; 2) Penguasaan materi; 3) Penggunaan metode belajar; 4) Penggunaan media belajar; dan 5) Penguasaan kelas Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendiskripsikan segala problem guru dalam merumuskan perencanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 2) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan materi PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 3) Untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menggunakan metode pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 4) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam menentukan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya.; 5) untuk mendiskripsikan tentang problem guru dalam penguasaan kelas saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitian adalah problem guru dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru mata pelajaran PAI di di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem yang dihadapi dalam merumuskan perencanaan pembelajaran adalah bagaimana menyesuaikan antara materi dengan metode yang pas agar dalam penyampaiannya dapat terlaksana secara maksimal. Metode-metode yang telah direncanakan ternyata tidak dapat digunakan secara maksimal karena alokasi jam belajar yang sangat sedikit, sehingga sebagai solusinya guru SM dan guru LL hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Materi baca al-Quran menjadi masalah terbesar dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 6, hal ini karena kurangnya pembiasaan bagi siswa untuk membaca al-Quran. Selain kurang pembiasaan, ketika peserta didik membaca al-Quran dan terdapat kekeliruan tidak ada koreksi yang dilakukan guru terhadap bacaan anak, bahkan ketika mencontohkan masih terdapat kekeliruan dalam bacaannya. Kelengkapan media yang sangat minim menjadikan guru LL hanya menggunakan papan tulis dan buku paket sebagai media belajar. Kurangnya kemampuan guru dalam mengatur kelas, menjadikan suasanan belajar yang kurang menarik sehingga minat belajar siswa tidak dapat dipertahankan untuk mengikuti proses pembelajaran hingga membuat siswa terlihat bosan ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar.
id IOS4876.558
institution Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 526
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Palangkaraya
library_id 1246
collection Digital Library IAIN Palangka Raya
repository_id 4876
subject_area Generalities(Karya Umum)
city Palangka Raya
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4876
first_indexed 2017-11-20T04:47:27Z
last_indexed 2017-11-20T04:47:27Z
recordtype dc
_version_ 1686278980596924416
score 17.538404