Daftar Isi:
  • Peran guru dalam dunia pendidikan sangat penting. Untuk mewujudkan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari peran serta kepala sekolah, khususnya peran dalam bidang supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan mengingat mutu pendidikan dan kualitas dalam pembelajaran merupakan aset yang utama. Penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan secara detail bagaimana pelaksanaan supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya serta untuk mengetahui dan menganalisa mengapa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di madrasah Tsanawiyah negeri 2 Palangka Raya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dengan key informan adalah kepala sekolah dan tambahan informan sebagai data pendukung, dukumentasi dan triangulasi. Kemudian menganalisa, uji keabsahan data dan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik di Madrasah tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut hasil supervisi sudah dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan teknik kunjungan kelas tetapi belum maksimal (belum semua mata pelajaran dapat disupervisi) dan belum terlaksana (design of program) sesuai dengan jadwal supervisi yang dibuat di awal tahun ajaran baru. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan di luar jadwal supervisi, rendahnya kompetensi sebagian supervisor yang ditunjuk, belum adanya kesadaran yang melekat yang diamanahkan serta tugas supervisi administrasi manajerial yang dibebankan kepala sekolah sangat menyita waktu dan pikiran. Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan dengan konsisten, sistematik, dan terpogram sangat dibutuhkan karena efektif dan efesien dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja guru.