Studi kemampuan membaca Al-Qur’an melalui penerapan metode Iqro dan Yanbu’a di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan
Main Author: | Rahman, Dedi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/512/1/Skripsi%20Full.pdf http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/512/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Iqro. (2) Mendeskripsikan kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Yanbu’a. Rumusanmasalah dalam penelitan ini (1) Bagaimana kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Iqro? (2) Bagaimana kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Yanbu’a? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif,yang menekankan pada analisis data – data Numerical (angka) kemudian diolah dengan metode statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kuantitatif atau mengambarkan suatu keadaan atau peristiwa berdasarkan fakta dan realita dilapangan yang dituangkan dalam bentuk angka-angka sehingga diperoleh gambaran sejauh mana kemampuan membaca al-Qur’an oleh santri TK/TPA Jami At-Taqwa dan TPQ Nur Mastiyahdengan latar belakang penerapan metode membaca al-Qur’an yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian studi kemampuan membaca al-Qur’an melalui penerapan metode Iqro dan Yanbu’a di desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan, dapat ditarik kesimpulan (1) Kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Iqra di TK/TPA Jami At-Taqwa memperoleh nilai rata-rata 25,161, berada dalam kategori sangat baik. (2) Kemampuan santri membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Yanbu’a di TPQ Nur Mastiyah memperoleh nilai rata-rata 26,114, berada dalam kategori sangat baik.