Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat

Main Author: Nastain, Nastain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/1/Skripsi%20Nastain-0821111026.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/
ctrlnum 2509
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/</relation><title>Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili &#xD; Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat</title><creator>Nastain, Nastain</creator><subject>220403 Islamic Studies</subject><description>Di Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun mata pelajar bahasa Arab diajarkan 2 kali pertemuan dalam satu minggu atau 4 jam pelajaran. Namun ada beberapa siswa yang masih belum tuntas dalam belajar, hal ini disebabkan karena masih kurangnya kemampuan siswa terhadap penguasaan materi membaca mufradat (kosa kata) dan kalimat bahasa Arab. Hal ini juga tidak terlepas dari latar belakang pendidikan sebelumnya, motivasi serta minat belajar siswa.&#xD; &#xD; Masalah pokok penelitian adalah apa saja yang menjadi problem siswa dalam belajar bahasa Arab, yang mencakup problem internal siswa dan Problem eksternal siswa. &#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 yang nilai mata pelajaran bahasa Arabnya ketika di kelas VII semester ganjil dibawah SKBM yang berjumlah 14 orang.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk problema internal dilihat dari segi motivasi, minat dan metode belajar. Siswa yang bermotivasi dan berminat belajar bahasa Arab sebanyak 9 orang, kurang bermotivasi dan kurang berminat sebanyak 3 orang dan yang tidak bermotivasi dan tidak berminat sebanyak 2 orang. Dilihat dari segi metode belajar, siswa menggunakan metode menghafal, membaca, bertanya, memperhatikan penjelasan guru dan mengerjakan tugas kalau ada PR. Sedangkan problem eksternal yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab adalah materi pelajaran,fasilitas belajar, metode pembelajaran dan lingkungan. Materi pelajaran yang disampaikan berupa membaca mufradat dan kalimat, fasilitas yang digunakan buku-buku penunjang dan ruangan kelas, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/1/Skripsi%20Nastain-0821111026.pdf</identifier><identifier> Nastain, Nastain (2010) Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya. </identifier><recordID>2509</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nastain, Nastain
title Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat
publishDate 2010
isbn 9780821111024
topic 220403 Islamic Studies
url http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/1/Skripsi%20Nastain-0821111026.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2509/
contents Di Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun mata pelajar bahasa Arab diajarkan 2 kali pertemuan dalam satu minggu atau 4 jam pelajaran. Namun ada beberapa siswa yang masih belum tuntas dalam belajar, hal ini disebabkan karena masih kurangnya kemampuan siswa terhadap penguasaan materi membaca mufradat (kosa kata) dan kalimat bahasa Arab. Hal ini juga tidak terlepas dari latar belakang pendidikan sebelumnya, motivasi serta minat belajar siswa. Masalah pokok penelitian adalah apa saja yang menjadi problem siswa dalam belajar bahasa Arab, yang mencakup problem internal siswa dan Problem eksternal siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 yang nilai mata pelajaran bahasa Arabnya ketika di kelas VII semester ganjil dibawah SKBM yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk problema internal dilihat dari segi motivasi, minat dan metode belajar. Siswa yang bermotivasi dan berminat belajar bahasa Arab sebanyak 9 orang, kurang bermotivasi dan kurang berminat sebanyak 3 orang dan yang tidak bermotivasi dan tidak berminat sebanyak 2 orang. Dilihat dari segi metode belajar, siswa menggunakan metode menghafal, membaca, bertanya, memperhatikan penjelasan guru dan mengerjakan tugas kalau ada PR. Sedangkan problem eksternal yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab adalah materi pelajaran,fasilitas belajar, metode pembelajaran dan lingkungan. Materi pelajaran yang disampaikan berupa membaca mufradat dan kalimat, fasilitas yang digunakan buku-buku penunjang dan ruangan kelas, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan.
id IOS4876.2509
institution Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 526
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Palangkaraya
library_id 1246
collection Digital Library IAIN Palangka Raya
repository_id 4876
subject_area Generalities(Karya Umum)
city Palangka Raya
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4876
first_indexed 2020-09-25T12:44:19Z
last_indexed 2020-09-25T12:44:19Z
recordtype dc
_version_ 1686278993704124416
score 17.538404