Perbandingan hasil belajar siswa antara metode practice rehearsal pairs dan metode konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya

Main Author: Nurjanah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/1/Siti%20Nurjanah-15011123.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/
ctrlnum 2380
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/</relation><title>Perbandingan hasil belajar siswa antara metode practice rehearsal pairs dan metode konvensional pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an hadis kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya</title><creator>Nurjanah, Siti</creator><subject>130309 Learning Sciences</subject><description>bertolak dari metode yang digunakan guru masih metode konvensional, sehingga siswa belum terlibat aktif, cenderung bosan dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar, dapat dilihat dari hasil belajar siswa ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM mata Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis yaitu 74. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Konvensional kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (3) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs dan metode Konvensional VIII MTs Islamiyah Palangka Raya.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. &#xD; Teknik analisis data menggunakan Uji-t.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII B MTs Islamiyah Palangka Raya diperoleh rata-rata 86,65 tergolong kategori baik. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Konvensional pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis kelas VIII A MTs Islamiyah Palangka Raya diperoleh rata-rata 81,5 tergolong kategori baik. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs dan metode Konvensional pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dengan hasil perhitungan uji t dua variabel bebas yaitu thitung &gt; ttabel atau 1,90 &gt;1,675 pada taraf signifikan &#x3B1;= 0,05. &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; This research was based on conventional methods used by teachers, so students were not actively involved, tended to be bored in learning and it affected learning outcomes. It could also be seen from student learning outcomes that there were some students who had not reached the Minimum Master Criterion in Al -Qur'an Hadith, score 74.&#xD; This study aimed to determine: (1) Student learning outcomes using the Rehearsal Pairs Practice class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (2) Student learning outcomes using Conventional methods of class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (3) Differences in student learning outcomes between those who used the Rehearsal Pairs Practice method and the Conventional method at VIII MTs Islamiyah Palangka Raya.&#xD; &#xD; This research used a quantitative method with a quasi-experimental type of research. The population of this research was the grade VIII students of MTs Islamiyah Palangka Raya. Data analysis techniques used t-test.&#xD; &#xD; The results showed that: (1) The results of students using the Rehearsal Pairs Practice method in the Al-Qur'an Hadith class VIII B MTs Islamiyah Palangka Raya obtained an average of 86.65 classified as good categories. (2) Student learning outcomes using the Conventional method in the subjects of Al-Qur'an Hadith VIII A grade MTs Islamiyah Palangka Raya obtained an average of 81.5 classified as good categories. (3) There was a significant difference between those who used the Rehearsal Pairs Practice method and the Conventional Method in the subjects of Al-Qur'an Hadith class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya with the results of the t-test calculation of two independent variables namely T observed &gt; T table or 1.90&gt; 1,675 at a significant level &#x3B1; = 0.05</description><date>2019-09-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/1/Siti%20Nurjanah-15011123.pdf</identifier><identifier> Nurjanah, Siti (2019) Perbandingan hasil belajar siswa antara metode practice rehearsal pairs dan metode konvensional pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an hadis kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya. </identifier><recordID>2380</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurjanah, Siti
title Perbandingan hasil belajar siswa antara metode practice rehearsal pairs dan metode konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya
publishDate 2019
topic 130309 Learning Sciences
url http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/1/Siti%20Nurjanah-15011123.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2380/
contents bertolak dari metode yang digunakan guru masih metode konvensional, sehingga siswa belum terlibat aktif, cenderung bosan dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar, dapat dilihat dari hasil belajar siswa ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis yaitu 74. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Konvensional kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (3) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs dan metode Konvensional VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII B MTs Islamiyah Palangka Raya diperoleh rata-rata 86,65 tergolong kategori baik. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII A MTs Islamiyah Palangka Raya diperoleh rata-rata 81,5 tergolong kategori baik. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs dan metode Konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dengan hasil perhitungan uji t dua variabel bebas yaitu thitung > ttabel atau 1,90 >1,675 pada taraf signifikan α= 0,05. ABSTRACT This research was based on conventional methods used by teachers, so students were not actively involved, tended to be bored in learning and it affected learning outcomes. It could also be seen from student learning outcomes that there were some students who had not reached the Minimum Master Criterion in Al -Qur'an Hadith, score 74. This study aimed to determine: (1) Student learning outcomes using the Rehearsal Pairs Practice class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (2) Student learning outcomes using Conventional methods of class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. (3) Differences in student learning outcomes between those who used the Rehearsal Pairs Practice method and the Conventional method at VIII MTs Islamiyah Palangka Raya. This research used a quantitative method with a quasi-experimental type of research. The population of this research was the grade VIII students of MTs Islamiyah Palangka Raya. Data analysis techniques used t-test. The results showed that: (1) The results of students using the Rehearsal Pairs Practice method in the Al-Qur'an Hadith class VIII B MTs Islamiyah Palangka Raya obtained an average of 86.65 classified as good categories. (2) Student learning outcomes using the Conventional method in the subjects of Al-Qur'an Hadith VIII A grade MTs Islamiyah Palangka Raya obtained an average of 81.5 classified as good categories. (3) There was a significant difference between those who used the Rehearsal Pairs Practice method and the Conventional Method in the subjects of Al-Qur'an Hadith class VIII MTs Islamiyah Palangka Raya with the results of the t-test calculation of two independent variables namely T observed > T table or 1.90> 1,675 at a significant level α = 0.05
id IOS4876.2380
institution Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 526
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Palangkaraya
library_id 1246
collection Digital Library IAIN Palangka Raya
repository_id 4876
subject_area Generalities(Karya Umum)
city Palangka Raya
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4876
first_indexed 2020-06-15T13:26:41Z
last_indexed 2020-06-15T13:26:41Z
recordtype dc
_version_ 1686278993184030720
score 17.538404