Kompetensi profesional guru pai di SMA Negeri se kota Palangka Raya pada alumni pai di IAIN/STAIN Palangka Raya

Main Author: Murwati, Salmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2240/1/Skripsi%20Salmi%20Murwati-1401111847.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2240/
Daftar Isi:
  • Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan terintegrasikannya konten pembelajaran dengan pengunaan TIK dan membimbing peserta didik memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru PAI di SMAN se Kota Palangka Raya. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan metode mixed method. Adapun yang menjadi subjek terdapat 7 orang guru dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini peneliti perolehan data keseluruhan subjek dari SMAN se-kota Palangka Raya sebanyak 5 (lima) sekolah yaitu: Pertama, penguasaan guru terhadap materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan, dengan persentase 88,39% dengan kriteria sangat baik. Kedua, penguasaan guru terhadap kompetensi inti dan kompetensi dasar, dengan persentase 79,78% dengan kriteria baik. Ketiga, pengembangan guru terhadap materi pembelajaran secara kratif, dengan persentase dari kepala sekolah 85% dengan kriteria sangat baik, dan dari peserta didik dengan persentase 86,91% dengan kriteria sangat baik. Keempat, pengembangan profesional berkelanjutan melalui tindakan reflektif, dengan persentase 81,55% dengan kriteria sangat baik. Kelima, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, dengan persentase dari kepala sekolah 82,14% dengan kriteria sangat baik, dan dari perserta didik dengan persentase 86,93% dengan kriteria sangat baik. ABSTRACT Professional competence is the capability of mastering broad and deep learning material that enables the integration of learning content with the use of ICT and guiding students to meet National Education Standards. This makes researchers interested in conducting this research which aims to analyze the professional competencies of islamic education teachers in high schools throughout the City of Palangka Raya. The approach in this research uses the mixed method method. As for the subject there are 7 teachers with predetermined criteria. Data collection techniques used were questionnaire, observation, interview and documentation. Data analysis uses descriptive qualitative and quantitative. The results of this study researchers obtained data from all subjects from high schools in Palangka Raya as many as 5 (five) schools, namely: First, teacher mastery of material, structure, concepts and scientific mindset, with a percentage of 88.39% with very good criteria. Second, teacher mastery of core competencies and basic competencies, with a percentage of 79.78% with good criteria. Third, the development of teachers on creative learning materials, with a percentage of 85% of the principals with very good criteria, and of students with a percentage of 86.91% with very good criteria. Fourth, ongoing professional development through reflective action, with a percentage of 81.55% with very good criteria. Fifth, use information and communication technology to communicate and develop themselves, with a percentage of 82.14% of the principals with very good criteria, and from students with a percentage of 86.93% with very good criteria.