Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik Materi Sistem Gerak Kelas VIII Mts An-Nur Palangka Raya

Main Author: Misgirawanti, Misgirawanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2179/1/Skripsi%20Misgirawanti-1501140426.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2179/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi guru, kurangnya perhatian peserta didik, dan kurangnya minat peserta didik sehingga peserta didik mengantuk, mengobrol sesama teman dan melakukan aktivitas lain selama proses pembelajaran, serta prestasi belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yaitu 68. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ada atau tidaknya pengaruh TGT terhadap minat peserta didik kelas VIII MTs-An-Nur Palangka Raya, ada atau tidaknya pengaruh TGT terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs-An-Nur Palangka Raya, pengaruh TGT terhadap minat peserta didik kelas VIII MTs-An-Nur Palangka Raya, pengaruh TGT terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs-An-Nur Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain pada penelitian ini menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII A dan B berjumlah 39 peserta didik. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes tulis, 4) angket. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Pada Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas, N-Gain, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) ada pengaruh model TGT terhadap minat belajar peserta didik, 2) ada pengaruh TGT terhadap prestasi belajar peserta didik, 3) pengaruh TGT terhadap minat peserta didik kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya ditandai dengan hasil analisis angket yang diberikan kepada peserta didik yaitu dengan hasil 3,40 dengan kriteria sangat baik, 4) pengaruh TGT terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya ditandai dengan hasil N-Gain 0,65 sehingga pemahaman peserta didik di kategorikan sedang. ABSTRACT The background of this study are the lack of teaching variety, students attention and interest which leads them getting sleepy, chattering eachother and doing another activities besides learning, also, the learning results which are below the criteria of 68. The purpose of this study is to determine: whether or not the effect of TGT to the interest of students of class VIII MTs-An-Nur Palangkaraya, presence or absence of effect of TGT to the learning achievement of students of class VIII MTs-An-Nur Palangkaraya, the effect of TGT to the interest of learners class VIII MTs-An-Nur Palangkaraya, TGT influence on the learning achievement of students of class VIII MTs-An-Nur Palangkaraya. The study applies quantitative approach. The design of the study applies Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were all students of class VIII MTs An-Nur Palangkaraya, Kelas A as an experimental class and class B as the control class. Techniques and data collection instruments: observation, documentation, writing test, questionnaire. The research instrument used are validity, reliability, level of difficulty, and appropriateness. The data analysis applies homogeneity, normality, N-Gain and hypothesis. The results of the study shows; 1. There is influence of TGT on the students learning interest, 2. There is influence of TGT on the students learning results, 3. There is influence of TGT on the students interest on 8 graders of MTs An-Nur Palangkaraya, noticeably from the questionnaire given to the students which scores 3.40 by criteria very good, 4. There is influence of TGT on the students learning results on 8 graders of MTs An-Nur Palangkaraya, noticeably by N-Gain score 0.65 on experimental group and N-Gain score 0.52 on controlled group, by the students understanding criteria, average.