Implementasi pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas iv di SDN 4 Panarung Palangka Raya
Main Author: | Rizkiah, Rizkiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2120/1/Skripsi%20Rizkiah-1501170026.pdf http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2120/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertolak dari proses pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 yang didalam proses pembelajarannya siswa terdorong aktif. Pada proses pembelajaran tematik peserta didik lebih ditekankan pada pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari atau peristiwa yang konkret, pembelajaran tematik dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini memfokuskan pada masalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang digali melalui data-data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan objeknya adalah proses pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Adapun pengabsahan data menggunakan triangulasi dan dianalisis melalui data collection, data reduction, data display dan drawing and verifying conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya. Dari tahapan perencanaan a. pemetaan kompetensi dasar, b. pengembangan jaringan tema, c. penyusunan silabus, d. penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru kurang melakukan perencanaan pembelajaran tematik. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya. Dari tahapan pelaksanaan tersebut a. Guru sudah melaksanakan kegiatan pendahuluan, b. Guru sudah melaksanakan kegiatan inti dengan menggunakan pendekatan saintifik, namun ada beberapa langkah pendekatan saintifik yang tidak terlaksana seperti aktivitas mencoba, c. Guru sudah melaksanakan kegiatan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi sedangkan media guru jarang menggunakannya. ABSTRACT This study departs from the thematic learning process in the 2013 curriculum which in the learning process students are actively encouraged. In the thematic learning process the students are more emphasized on their experiences in daily life or concrete events, thematic learning is carried out by using a scientific approach. This study focuses on the problems are (1) How is the thematic learning plan by using scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya. (2) How is the thematic learning implementation by using a scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya.This study aims to: (1) to describe the thematic learning plan by using scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya. (2) to describe the thematic learning implementation by using a scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya. This research applied a qualitative descriptive methods are explored through data observation, interviews and documentation. The research subject is the teacher and the object of research is the thematic learning process using a scientific approach. The data validation uses triangulation and analyzes through data collection, data reduction, data display and drawing and verifying conclusion. The results showed that: (1) The thematic learning plan by using scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya. From the planning stages are: a) Mapping the basic competencies, b) Developing the theme network, c) Syllabus preparation, d) Lesson plan preparation, teachers were lacking of do the thematic learning plan. (2) The thematic learning implementation by using a scientific approach grade IV at SDN 4 Panarung Palangka Raya. From the implementation stages are: a) The teacher has carried out preliminary activities, b) The teachers have carried out core activities by using a scientific approach, but there are some scientific approaches that don‟t work out like trying activities, c) The teachers have carried out the closing activity. In the learning implementation the teachers using the lecture method, questions and answers and assignments, while the teachers lack of media.