Penerapan metode demonstrasi pada materi Adzan dan Iqamah mata pelajaran Fiqih kelas II MIN 3 Palangka Raya

Main Author: Jannah, Ulfa Riyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2094/1/Abstrak.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2094/2/Skripsi%20Ulfa%20Riyatul%20Jannah-1501170011.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2094/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi profil guru pelajaran Fiqih dianggap masih kurang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dikarenakan metode dan media yang digunakan masih tergolong monoton, kurangnya aktivitas siswa dalam memahami materi Adzan dan Iqamah dan pembelajaran yang dilakukan guru masih terpaku pada buku. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Metode Demonstrasi mata pelajaran Fiqih materi Adzan dan Iqamah kelas II MIN 3 Palangka Raya ?; 2) Apa saja kendala dalam menerapkan Metode Demonstrasi mata pelajaran Fiqih materi Adzan dan Iqamah kelas II B MIN 3 Palangka Raya? Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Metode ini menggunakan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan data dan membandingkan data yang telah di temukan melalui observasi dan wawancara. Pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Data collection, Data reduction, Data display, Conclusions drawing. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan metode Demonstrasi telah melaksanakan sesuai langkah-langkah yang ditetapkan yakni siswa kelas II lebih aktif dalam mempratekkan materi Adzan dan Iqamah dan siswa sudah memiliki keterampilan yang cukup untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Kendala dalam menerapkan metode demonstrasi, siswa terlalu banyak, latar belakang guru yang bukan lulusan sarjana pendidikan, sifat malas dalam diri siswa dan sifat malu pada siswa. ABSTRACT This research is based on the teacher's profile of Fiqh is considered to be still lacking in improving the quality of learning, because the methods and media used are classified as monotonous, the lack of student activity in understanding the Adzan material and Iqamah learning by the teacher is still fixated on books. The issues raised in this study are 1) How is the application of the Demonstration Method of the Prayer Fiqh of the subject of adzan and Iqamah class II MIN 3 Palangka Raya ? 2) What are the obstacles in applying the Demonstration Method of the Fiqh of Adzan and Iqamah class II MIN 3 Palangka Raya material? This research used desciptive qualitative approach. This method used a research instrument that is the researcher himself who is equipped with data and compares the data that has been found through observation and interviews. Data collection used is observation, interview and documentation. Data analysis using data collection, data reduction, data display, conclusion drawing.The results showed that: 1) The application of the Demonstration method had carried out according to the prescribed steps, namely second grade students were more active in practicing the Adzan and Iqamah material and students already had sufficient skills to apply in everyday life. 2) Obstacles in applying the demonstration method, there are too many students, the background of the teacher who is not a graduate in education, the lazy nature in students and the shame of students.