Penerapan metode pembelajaran praktikum terhadap keterampilan proses sains (kps) dan prestasi belajar peserta didik materi sistem pencernaan makanan Kelas VIII MTs Hidayatul Insan Palangkaraya

Main Author: Syarfiullah, Syarifullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1709/1/Skripsi%20Syarifullah%20-%201401140396.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1709/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA terpadu di MTs Hidayatul Insan. Hal ini menyebabkan peserta didik tidak aktif dan kurang mengajarkan peserta didik di dalam proses berpikir untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran praktikum terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII MTs Hidayatul Insan pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan tes awal dan tes akhir satu kelompok (The One Pretest – Posttest), subjek penelitian adalah peserta didik MTs Hidayatul Insan kelas VIII Siti Khadijah dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data menggunakan penilaian lembar observasi dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan menggunakan metode praktikum, persentase keterampilan proses sains peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,38% dengan kategori baik; 2) Penerapan metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai rata-rata Pretest 41,88 dan Posttest 75,56 serta nilai rata-rata N-gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. ABSTRACT This study is based on the lack of involvement of learners in the implementation of integrated science learning activities in MTs Hidayatul Insan. This causes the learners to be inactive and less to teach learners in the thinking process to find their own knowledge through scientific work. This study aims to determine the influence of practical learning methods to the skills of science and learning achievement of students of class VIII MTs Hidayatul Insan on the material of food digestion system. This research uses descriptive qualitative method, research design using preliminary test and one group test (The One Pretest - Posttest), subject of research is student of MTs Hidayatul Insan class VIII Siti Khadijah with number of learners counted 16 people. Technique of collecting data using observation sheet and test result learn skill of science process learners. The data analysis used observation sheet evaluation and N-gain test. The results showed that: 1) By using the practice method, the percentage of students' science process skill obtained an average score of 75.38% with good category; 2) The application of practicum method can improve cognitive learning outcomes of learners with the average value of Pretest 41.88 and Posttest 75.56 and the average value of N-gain of 0.6 in the medium category.