ctrlnum 136
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/</relation><title>Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 2 Pangkalan Bun.</title><creator>Istiana, Istiana</creator><subject>130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi morfologi berbagai tumbuhan kelas X jurusan pertanian di SMK 2 Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK 2 Pangkalan Bun, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.ATPH yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.ATPKJ yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode angket/kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS version 17.0 for windows 7.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sama-sama meningkat dengan N-Gain kelas eksperimen 0,637 termasuk kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol 0,570 termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi morfologi berbagai tumbuhan di kelas X SMK 2 Pangkalan Bun. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t dimana thitung (2,21) &gt; ttabel (2,00) pada taraf signifikansi &#x3B1; = 0,05.&#xD; &#xD; English&#xD; This study aims to determine the effect of the use of the natural environment around the school on student learning outcomes in a variety of plant material morphology classes in vocational agriculture department SMK 2 Pangkalan Bun. This study uses a quantitative approach to the type of research that is quasi-experimental study (quasi-experimental) research design, namely nonrandomized control group pretest-posttest design. The study population is a class X student of SMK 2 Pangkalan Bun, the sample in this study is X.ATPH classes totaling 30 people as the experimental class and the class X.ATPKJ totaling 32 people as a control group. Data collected by the test method and questionnaire method / questionnaire. Data analysis using SPSS version 17.0 for windows 7.&#xD; The results show that the learning outcomes of students experimental and control classes were equally increased by N-Gain experimental classes including medium category and 0.637 N 0.570 Gain control class medium category. Hypothesis testing using t-test formula showed significant differences in learning outcomes between learning with the use of the natural environment around the school as a source of learning and learning outcomes with conventional learning the morphology of a variety of plant material in class X of SMK 2 Base Bun. It is based on the results of t-test where tcount (2.21)&gt; t table (2.00) at significance level &#x3B1; = 0.05.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/1/Abstrak%20%28Is%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/2/BAB%20I%20Pendahuluan%20%28IS%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/3/Bab%20II%20Kajian%20%28Is%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/4/BAB%20III%20Metode%20%28Is%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/5/BAB%20IV%20Hasil%20%28IS%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/6/BAB%20V%20Pembahasan%20%28IS%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/7/BAB%20VI%20Kesimpulan%20%28IS%29.pdf</identifier><identifier> Istiana, Istiana (2014) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 2 Pangkalan Bun. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya. </identifier><recordID>136</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Istiana, Istiana
title Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK 2 Pangkalan Bun
publishDate 2014
topic 130212 Science
Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
url http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/1/Abstrak%20%28Is%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/2/BAB%20I%20Pendahuluan%20%28IS%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/3/Bab%20II%20Kajian%20%28Is%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/4/BAB%20III%20Metode%20%28Is%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/5/BAB%20IV%20Hasil%20%28IS%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/6/BAB%20V%20Pembahasan%20%28IS%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/7/BAB%20VI%20Kesimpulan%20%28IS%29.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/136/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi morfologi berbagai tumbuhan kelas X jurusan pertanian di SMK 2 Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian yaitu Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK 2 Pangkalan Bun, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.ATPH yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.ATPKJ yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode tes dan metode angket/kuesioner. Analisis data menggunakan program SPSS version 17.0 for windows 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sama-sama meningkat dengan N-Gain kelas eksperimen 0,637 termasuk kategori sedang dan N-Gain kelas kontrol 0,570 termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi morfologi berbagai tumbuhan di kelas X SMK 2 Pangkalan Bun. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t dimana thitung (2,21) > ttabel (2,00) pada taraf signifikansi α = 0,05. English This study aims to determine the effect of the use of the natural environment around the school on student learning outcomes in a variety of plant material morphology classes in vocational agriculture department SMK 2 Pangkalan Bun. This study uses a quantitative approach to the type of research that is quasi-experimental study (quasi-experimental) research design, namely nonrandomized control group pretest-posttest design. The study population is a class X student of SMK 2 Pangkalan Bun, the sample in this study is X.ATPH classes totaling 30 people as the experimental class and the class X.ATPKJ totaling 32 people as a control group. Data collected by the test method and questionnaire method / questionnaire. Data analysis using SPSS version 17.0 for windows 7. The results show that the learning outcomes of students experimental and control classes were equally increased by N-Gain experimental classes including medium category and 0.637 N 0.570 Gain control class medium category. Hypothesis testing using t-test formula showed significant differences in learning outcomes between learning with the use of the natural environment around the school as a source of learning and learning outcomes with conventional learning the morphology of a variety of plant material in class X of SMK 2 Base Bun. It is based on the results of t-test where tcount (2.21)> t table (2.00) at significance level α = 0.05.
id IOS4876.136
institution Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 526
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Palangkaraya
library_id 1246
collection Digital Library IAIN Palangka Raya
repository_id 4876
subject_area Generalities(Karya Umum)
city Palangka Raya
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4876
first_indexed 2017-11-20T04:47:18Z
last_indexed 2017-11-20T04:47:18Z
recordtype dc
_version_ 1686278976909082624
score 17.538404