Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotting Trio Exchange terhadap keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls

Main Author: Heliyandari, Yesinta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1256/1/Skripsi%20Yesinta%20Heliyandari%20-%201301130309.pdf
http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/1256/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada atau tidaknya peningkatan keterampilan kooperatif siswa dan ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada materi momentum dan impuls, (2) Ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan kooperatif dan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada materi momentum dan impuls, (3) ada atau tidaknya hubungan yang signifikan keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada materi momentum dan impuls, (4) Aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitiannya menggunakan pre-eksperimental design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan September 2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterampilan kooperatif, tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan hasil belajar afektif, lembar pengamatan psikomotorik, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (2) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan kooperatif dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange, (3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa, tidak terdapat hubungan yang signifikan keterampilan kooperatif dan hasil belajar afektif siswa dan terdapat hubungan yang signifikan keterampilan kooperatif dan hasil belajar psikomotorik siswa, (4) Aktivitas siswa dengan nilai rata-rata sebesar 75,22 dengan kategori baik dan aktivitas guru dengan nilai rata-rata sebesar 3,74 dengan kategori baik ABSTRACT This study was aimed to know: (1) Whether there is or no increase of students’ cooperative skill and whether there isi or no increas of students’ learning outcomes who participated the learning activity by using cooperative learning type rotating trio exchange at material of momentum and impulse; (2) Whether there is or no significant differences between the students’ cooperative skill and whether there is or no significant difference of students’ learning outcomes before and after implementing the rotating trio exchange of cooperative learning; (3) whether there is or no significant correlation students’ cooperative skill and students’ learning outcomes after implementation of cooperative learning type rotating trio exchange learning model at material of momentum and impulse ; (4) students’ and teacher’s activities in implementing cooperative learning type rotating trio exchange at material of momentum and impulse. This study was used experimental method with pre-experimental design. The samples were taken by using purposive sampling, namely class XI IPA 5 SMA Negeri 4 Palangka Raya. This study was conducted on August until September 2017. The instrument that have been used are observational note of cooperative skill, test of cognitive learning outcomes, observational note of affective learning outcomes, observational note of psychomotor learning outcomes , observational note of students’ activities and observational note of teacher’s activities. The result finding showed that: (1) There was increase of cooperative skill and learning outcomes of students who participated the learning activity by using cooperative learning type rotating trio exchange; (2)There was significant difference of cooperative skill and learning outcomes of students before and after implementing the rotating trio exchange of cooperative learning; (3) there was no significant correlation cooperative skill and cognitive learning outcomes, there was no significant correlation cooperative skill and affective learning outcomes and there was no significant correlation cooperative skill and psychomotor learning outcomes; (4) The students’ activities showed the mean at 75,22 as good category, and teacher’s activities showed mean at 3,74 as good category.