Korelasi antara kecepatan membaca dengan kemampuan memahami isi teks fabel siswa kelas VII SMPN 1 Jabon Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Varintina, Riza
Format: Media Cetak
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang , 2018
Subjects:
Online Access: http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=29549
Daftar Isi:
  • Abstrak: Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa Indonesia. Kegiatan membaca sangatlah penting untuk mencetak anak didik yang mempunyai wawasan yang luas. Kecepatan membaca merupakan membaca cepat dan tidak mengabaikan pemahamannya, Peningkatan kecepatan membaca itu harus diikuti pula oleh pemahaman terhadap bacaan. Teks fabel merupakan cerita pendek berupa dongeng yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objketif tentang Korelasi Antara Kecepatan Membaca Dengan Memahami Isi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMPN 1 Jabon Sidoarjo Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Korelasi Antara Kecepatan Membaca Dengan Memahami Isi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMPN 1 Jabon Sidoarjo Tahun Ajaran 2017/2018. Data pada penelitian ini diambil melalui dua tes. (1) tes pertama, yang pertama dengan menghitung kecepatan membaca siswa pada tek fabel (2) tes kedua, yang berupa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dari hasil membacanya pada teks fabel. Dari hasil analisis dijetahui bahwa skor rata-rata tingkat kecepatan membaca siswa kelas VII SMPN 1 Jabon Sidoarjo Tahun Ajaran 2017/2018 adalah 135 kata permenit dengan tingkat kecepatan terendah 56 kata per menit dan tingkat kecepatan tinggi 242 kata per menit, sedangkan data hasil pemahaman isi teks fabel diperoleh rata-rata 80 dengan nilai terendah 50 dan tertinggi 95. Sedangkan pengelolahan datanya menggunakan korelasi Product Moment yang dilakukan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 20, menggunakan taraf signifikan 0,01 dengan jumlah reponden 50 sebesar 0,279. Diketahuinr hitung sebesar 0, 416, hasil perbandingan antara r hitung 0, 416 dengan r tabel 0, 279 diketahui bahwa r hitung > r tabel. Jadi, antara kecepatan membaca (X) dengan memahami isi teks fabel (Y) ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci: korelasi, kecepatan membaca,dengan memahami isi teks fabel
  • xii,75hlm.;30cm