Pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran SKI di MTS Negeri Rejoso Pasuruan
Main Author: | Maghfiroh, Rosidatul |
---|---|
Format: | Media Cetak |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=27979 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini telah dilaksanakan di MTs Negeri Rejoso Pasuruan. Metode penelitin yang digunakan adalah eksperimen. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan, yaitu dengan cara mengambil subjek buka dengan didasarkan atas strata, random atau daerah tapi berdasarka atas tujuan tertentu. Dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen penulis menerapkan pembelajaran dengan model STAD, sedangkan pada kelompok kontrol tidak menggunakan model STAD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan pengujian dua sampel menggunakan uji-t diperoleh thitung (15,3) > ttabel (1,997) pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaaan Islam (SKI).Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar
- xiii,61hlm.;30cm