Kemampuan penalaran dan komunikasi matematika pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakuniran melalui strategi active knowledge sharing
Main Author: | Insiah, Salamatul |
---|---|
Format: | Media Cetak |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Islam Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=26050 |
Daftar Isi:
- Salamatul Insiah1, Mustangin2, Isbadar Nursit31,2,3Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam MalangE-mail: 1salamatul.insiah@gmail.com , 2 must_tangin9@yahoo.co.id, 3isbadarnursit@unisma.ac.idAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakuniran pada materi segiempat melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan strategi pembelajaran konvensional, dan mendeskripsikan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakuniran pada materi segiempat melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau mixed methods, dengan desain sequential explanatory. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C SMP Negeri 2 Pakuniran. Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak 6 siswa yaitu 3 siswa dari kelas eksperimen dan 3 siswa dari kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada materi segiempat di SMP Negeri 2 Pakuniran dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis kualitatif diperoleh: (1) siswa pada kelas eksperimen sudah mampu memenuhi tiga sampai lima indikator dari enam indikator penalaran dan siswa pada kelas kontrol sudah mampu memenuhi dua sampai lima indikator dari enam indikator penalaran, (2) siswa pada kelas eksperimen sudah mampu memenuhi dua sampai empat indikator dari empat indikator komunikasi matematika dan siswa pada kelas kontrol sudah mampu memenuhi satu sampai dua indikator dari empat indikator komunikasi matematika.Kata Kunci: strategi pembelajaran, Active Knowledge Sharing, penalaran, komunikasi matematika.
- xix,148hlm.;30cm