Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2013-2015)
Main Author: | Ariono, Rio Muhammad |
---|---|
Format: | Media Cetak |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=24795 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSIPenelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1). untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, 2). untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, 3). untuk mengetahui pengaruh interaksi corporate social responsibility dengan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria, diperoleh 50 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1). Hasil uji t menunjukkan bahwa untuk variabel Corporate Social Responsibility tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, tetapi profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan interaksi antara CSR dan profitabilitas(ROA) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. 2). Hasil uji f menunjukan bahwa CSR, profitabilitas(ROA) dan interaksi anatara CSR dengan profitabilitas(ROA) secara serentak (simultan) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaanKata Kunci:Corporate Social Responsibility,Profitabilitas, Nilai PerusahaanABSTRACTThe purpose of this research is 1). to know the influence of corporate social responsibility toward company value, 2). to know the effect of profitability to company value, 3). to know the influence of corporate social responsibility interaction with profitability to company value.The population used in this study are all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2013-2015. Sample selection using purposive sampling. Based on the criteria, obtained 50 companies that became the sample in this study. The method used in this study using multiple linear regression method.Based on the results of the analysis can be put forward several conclusions as follows: 1). T test results show that for Corporate Social Responsibility variable has no significant effect on firm value, but profitability has positive significant effect on firm value and interaction between CSR and profitability (ROA) Significant to company value. 2). The result of f test shows that CSR, profitability (ROA) and interaction between CSR and profitability (ROA) simultaneously have significant influence to firm valueKeywords: Corporate Social Responsibility, Profitability, Corporate Value
- xvii,74hlm.;30cm