Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran fiqh materi makanan dan minuman yang halal-haram untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas viii a di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang
Main Author: | Mustari, Irfan Taufiq |
---|---|
Format: | Media Cetak |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=24630 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata Kunci : Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Pelajaran Fiqh Kelas VIII APenelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswi kelas VIII A di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang pada mata pelajaran Fiqh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswi pada pelajaran Fiqh, siswi kurang berani bertanya pada saat proses belajar mengajar sehingga membuat hasil belajar siswi kurang dan strategi yang digunakan guru masih bersifat konvensional. Peneliti melihat permasalahan tersebut menjadi salah satu penghambat pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang. Proses pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswi kelas VIII A MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang pada mata pelajaran Fiqh.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data untuk hasil belajar siswi menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil analisis menunjukkan hasil belajar siswi kelas VIII A MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang pada mata pelajaran Fiqh mengalami peningkatan yang signifikan. Pada saat pra tindakan jumlah siswi yang tuntas sebanyak 5 siswi dan prosentase hasil belajar 23,80%. Nilai rata-rata siswi pada tindakan adalah 62,38 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 40. Pada siklus I jumlah siswi yang tuntas telah menunjukkan peningkatan, siswi yang tuntas pada siklus I sebanyak 11 dan prosentase hasil belajar 52,38%. nilai rata-rata siswi pada siklus I adalah 69,76 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50. Pada siklus II juga menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu ada 19 siswi yang tuntas dan prosentase hasil belajar 90,47% dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata siswi pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu menjadi 86,90 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 65. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII A di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang.
- xv,92hlm.;30cm