Pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad dan kontribusinya dalam pendidikan islam
Main Author: | Horoniyah, Nur Avivatu |
---|---|
Format: | Media Cetak |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=24614 |
Daftar Isi:
- Abstrak Nur, Avivatu, Horoniyah. 2017. Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam KitabAyyuha Al-Walad dan Kontribusinya dalam Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Islam Malang. Pembimbing I: Drs. H. Abdul Jalil, M.PdI. Pembimbing II: Adi Sudrajat, M.PdI.Kata Kunci: Pendidikan Akhlak Al-Ghazali, Kitab Ayyuha Al-Walad, Pendidikan IslamDalam konteks pendidikan Islam, akhlak menempati posisi yang penting baik secara konseptual maupun secara praktis. Mengingat betapa pentingnya akhlak bagi pendidikan membuat peneliti ingin mencari informasi secara lengkap tentang hubungan akhlak dengan pendidikan Islam. Peneliti memilih menggunakan kitab Ayyuha Al-Walad untuk dikaji lebih mendalam karena kitab ini hakikatnya adalah jawaban seorang guru kepada muridnya yang bimbang akan ilmu yang telah ia peroleh. Ia merasa bimbang ilmu manakah yang akan membawa kebahagian pada dirinya di akhirat kelak. Walaupun sebenarnya isi dari kitab ini hampir sama dengan kitab-kitab karangan Al-Ghazali yang lain, tapi menurut peneliti kitab ini sarat akan nasihat-nasihat yang dapat menggugah jiwa untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Serta sebagai pemicu untuk menghiasi diri dengan akhlak yang mulia. Fokus masalah ini adalah 1) Bagaimana nasihat yang ditulis Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad. 2) Bagaimana Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad. 3) Bagaimana kontribusi Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana nasihat yang dituliskan Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad. 2) Mendeskripsikan pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad. 3) Mendeskripsikan pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha Al-Walad dalam pendidikan Islam.Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang cenderung bersifat alamiah. Adapun jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian studi tokoh. Adapun tokoh Muslim yang diteliti adalah sang Hujjatul Islam yakni Imam Al-Ghazali. Sumber data pada penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer pada skripsi ini adalah kitab Ayyuha Al-Walad karangan Imam Al-Ghazali dan kitab terjemahan Ayyuha Al-Walad karangan Ahmad Sunarto. Adapun data sekunder pada penelitian ini adalah beberapa literatur yang relevan dengan objek penelitian baik berupa kitab, buku, jurnal ilmiah, Ebook dll. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan studi kepustakaan atau Library Research yang dilalui dengan berbagai macam tahapan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Al-Ghazali mengenai akhlak sangat berperan dalam pendidikan Islam. Hal ini dapat dilihat dalam kitab Ayyuha Al-Walad. Dalam kitab tersebut, terdapat beberapa pembahasan yang oleh peneliti dijadikan kontribusi dalam pendidikan, meliputi tujuan pendidikan yakni sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah, disebutkan juga bagaimana akhlak pendidik dan peserta didik dalam belajar. konten/isi pendidikan Islam dalam kitab Ayyuha Al-Walad yakni mengisi kehidupan dunia dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Adapun metode yang dianalisis peneliti dalam kitab ini adalah metode cerita/kisah, metode nasihat dan metode teladan. Akan tetapi dalam kitab ini tidak disebutkan komponen pendidikan Islam mengenai evaluasi dan lingkungan pendidikan.
- xiv,148hlm.;30cm