Konsep Stres Akademik Siswa

Main Authors: Barseli, Mufadhal, Ifdil, Ifdil, Nikmarijal, Nikmarijal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198
http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198/209
Daftar Isi:
  • Siswa yang mengalami stres akademik memiliki persepsi yang maladaptif terhadap tuntutan akademik. Stres akademik adalah persepsi subjektif terhadap suatu kondisi akademik atau respon yang dialami siswa berupa reaksi fisik, perilaku, pikiran, dan emosi negatif yang muncul akibat adanya tuntutan sekolah atau akademik. Hal ini menunjukkan perlu adanya upaya guru Bimbingan dan Konseling atau konselor untuk melakukan pengembangan pada praktik pelayanan Binbingan dan konseling untuk meningkatkan kualitas atau potensi siswa dalam mengantisipasi muculnya stres akademik siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya stres akademik. Naskah ini akan mengenalkan konsep dasar stres akademik siswa meliputi; konsep stres, konsep stres akademik, faktor yang mempengaruhi stres akademik, gejala-gejala stres akademik, respon stres akademik. Semoga ini dapat digunakan sebagai salah satu rujukan.