Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Archaeobacteria dan Eubacteria di Kelas X MAN 5 Aceh Besar

Main Author: Khairun Nisa, 281223112
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/763/1/KHAIRUN%20NISA.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/763/
https://library.ar-raniry.ac.id/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan suatu proses pembelajaran salah satunya sangat bergantung pada bagaimana peran guru dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa tidak pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen pada materi Archaeobacteria dan Eubacteria di kelas X MAN 5 Aceh Besar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 5, yang terdiri dari kelas X IPA, X IPS, dan X Agama. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 20 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi aktivitas siswa) dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas siswa pada pertemuan I 75%, pertemuan II 82,95%, dan pertemuan III 85,93 % Hasil analisis data diperoleh thitung = 8,23, ttabel = 1,73, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen tergolong sangat aktif (81,29%). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata 43% menjadi 71,25%. Kata Kunci: Metode Eksperimen, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa.