Penerapan Pendekatan Contextual teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran Materi Perpindahan Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kelas X MAN Rukoh Banda Aceh

Main Author: fitriyani, 251121347
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/688/1/1-5%20skripsi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/688/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari cara atau metode yang sesuai untuk kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran, khususnya pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN Rukoh Banda Aceh permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kualitas hasil dan proses belajar siswa, menunjukkan bahwa masih banyak terdapat siswa yang tidak mencapai KKM hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan siswa yang nilainya belum mencapai KKM.nilai rata-rata ulangan siswa adalah kelas XIA3 =63 dan kelas XIA1 = 63 sedangkan nilai KKM adalah 75 maka dari itu peneliti menerapkan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penerapan pendekatanContextual Teaching And Learning dalam pembelajaran materi perpindahan Kalor dapat meningkat hasil belajar pada siswa kelas X MAN Rukoh Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IA MAN Rukoh Banda Aceh semester ganjil tahun 2014/2015. Sampel yang diambil yaitu kelas XIA3 berjumlah 19 siswa/i yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas XIA1 berjumlah 19 siswa/i yang dijadikan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas ekpserimen sebesar 82 sedangkan pada kelas kontrol 70,62. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh bahwa dengan derajat kebebasan db = (Nx + Ny) – 2, db = (19+19) – 2, db = 36 dan taraf kepercayaan 5% dari daftar distribusi t diperoleh 1,70 dari hasil perhitungan thitung diperoleh 2,47 karena thitung>ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran materi perpindahan Kalor dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Rukoh Banda Aceh.