Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa di SMAN 1 Meureubo Aceh Barat

Main Author: Gusliana Sari, 291324949
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/645/1/SKRIPSI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/645/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Secara umum gambaran yang dapat diambil di SMA Negeri 1 Meureubo setelah melakukan observasi menunjukkan siswa kurang termotivasi dalam mempelajari kimia. Hal ini ditunjukkan banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran kimia berlangsung, strategi pembelajaran yang dilaksanakan masih berorientasi pada guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, kurangnya minat siswa dalam memahami materi kimia dan konsentrasi siswa kurang terfokus pada kegiatan pembelajaran kimia. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, melalui penerapan model pembelajaran Talking Chips. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Aktivitas guru (2). Aktivitas siswa (3). Respon siswa, dan (4). Hasil belajar siswa dengan penerapan model Talking Chips pada materi asam basa di SMAN 1 Meureubo. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2017 s/d 08 April 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPAB yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan pemberian soal tes yang berbentuk multiple choice. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Persentase aktivtas guru pada siklus I (84,37%) dan pada siklus II (94,79%). (2). Persentase aktivitas siswa pada siklus I (82,29%) dan pada siklus II (93,79%). (3). Respon siswa dikategorikan sangat tertarik yaitu dengan persentase 91,15% pada pembelajaran dengan menggunakan model Talking Chips pada materi asam basa. (3). Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari (68,85) pada siklus I menjadi (82,31) pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Talking Chips pada materi asam basa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas XI IPAB di SMA Negeri 1 Meureubo Aceh Barat