Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV
Main Author: | Santri Mulyana, 201121770 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6232/2/Santri%20Mulyana.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6232/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6232/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Ilmu matematika banyak memberikan pengaruh dalam pengembangan ilmu teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu Matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika memiliki peranan penting sebagai salah satu kegiatan untuk menuntut ilmu pengetahuan yang manjadi pendukung bagi kemajuan dan kesejahteraan suatu individu khususnya dan suatu bangsa pada umumnya. Salah satu media pembelajaran yang cocok untuk melibatkan siswa secara aktif yaitu media pembelajaran realia. Proses penggunaan media realia dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di MIN Tungkob Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV2 MIN Tungkob Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media realia. Tes ini digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik.Tes yang digunakan berbentuk essay. Kemudian hasil aktivitas guru dan siswa dianalisis dengan nilai skor rata-rata dan hasil belajar peserta didik dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru meningkat dari 2,73 pada siklus I, meningkat menjadi 3.47 pada siklus II, dan aktivitas siswa dengan penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan tergolong dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa sebesar 54,76% pada siklus I, dan meningkat menjadi 90,47% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media realia pada materi pecahan lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi pecahan sehingga hasil belajar mereka meningkat.