Efektivitas Program Ma’had Al-Jami'ah dalam Membina Karakter Mahasiswi Prodi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Main Author: Nurhaliah, 140201111
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6180/3/Nurhaliah.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6180/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6180/
https://Repository.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Mempuyai karakter yang baik merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh semua mahasiswa/mahasiswi UIN Ar-Raniry, khususnya bagi mahasiswa/mahasiswi prodi PAI (Pendidikan Agama Islam), karena lulusan prodi PAI merupakan calon-calon guru yang harus menjadi contoh tauladan yang baik bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataan yang terjadi sekarang ini masih terdapat mahasiswi Prodi PAI yang berkarakter tidak baik. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini: 1) Apakah Program Ma’had Al-Jami’ah efektif dalam membina karakter mahasiswi Prodi PAI? 2) Bagaimana Keberhasilan Program Ma’had dalam membina karakter mahasiswi Prodi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh? 3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry dalam Membina Karakter Mahasiswi Prodi PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunaan metode Kualitatif. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa program Ma’had Al-Jami’ah sudah efektif dalam membina karakter mahasiswi Prodi PAI dengan persentase 75-85% dapat dilihat melalui beberapa indikator pembelajaran yang efektif. Keberhasilan Program Ma’had dalam membina mahasiswi Prodi PAI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat dilihat juga dari beberapa indikator, yang terdiri dari:1) Indikator untuk sekolah dan kelas, 2) Indikator untuk mata pelajaran, dan kedua indikator tersebut sudah dicapai oleh Ma’had walaupun program Ma’had belum efektif secara 100%. Kendala yang dihadapi mahasiswi ada dua yaitu kendala internal dan eksternal, kedua kendala tersebut sebagian besar sudah bisa diatasi. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: 1) Efektivitas program Ma’had Al-Jami’ah dalam membina karakter sudah efektif dengan persentase 75-85%. 2) Keberhasilan program Ma’had dalam membina karakter dapat dilihat dari beberapa indikator, dan indikator tersebut sudah dicapai oleh Ma’had, walaupu tingkat efektifnya belum 100%. 3) Ada kendala-kendala yang di hadapi Ma’had dalam membina karakter sehingga membuat program Ma’had belum efektif secara keseluruhan.