Pengaruh Pendekatan CTL pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar
Main Author: | Rahmadani, 251324025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6179/3/Rahmadani.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6179/2/Form%20B%20dan%20Form%20D%20..pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6179/ https://Repository.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar, guru di SMA tersebut khususnya guru mata pelajaran fisika masih dominan menggunakan metode ceramah, metode diskusi dan minim menggunakan pembelajaran yang mengait dengan kehidupan nyata peserta didik serta guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat ekspositori. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengaruh pendekatan CTL. Rancangan penelitian adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitiannya Pretest and Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA semester 2 SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar dan sampel diambil secara Purposive Sampling yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Berdasarkan hasil statistik-t diperoleh bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 3,34 2,00. Jadi dapat disimpulkan dengan Pendekatan CTL dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Respon peserta didik terhadap pengaruh pendekatan CTL dengan pernyataan positif yang menjawab dengan kriteria sangat setuju (SS) 47,82%, setuju (S) 46,71%, tidak setuju (TS) 3,55%, dan sangat tidak setuju (STS) 1,92%.