Manajemen Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 3 Rukoh Banda Aceh

Main Author: Liswan, 271121522
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/617/1/Liswan.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/617/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Manajemen menurut George R. Terry adalah suatu proses yang nyata mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan menyelesaikan sasaran yang telah ditetapkan dengan menggunakan orang dan sumber-sumber lainnya.Fenomena pada MAN 3 Rukoh Banda Aceh masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar yang diraihnya, faktor tersebut dapat dilihat bagaimana siswa menangkap pelajaran yang diberikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen guru Bk dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi,data tersebut dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam manajemen adanya sejumlah proses peningkatan yang cukup baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar, meminta bantuan guru bidang studi lain dalam menganalisis kebutuhan siswa, mempersiapkan tempat, dan layanan konseling individual. Pada proses pelaksanaan konseling yang dilakukan guru BK adalah memberikan layanan individual serta adanya rujukanbagi siswa bermasalah dalam belajar. Sedangkan evaluasi guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sarana yang dimiliki oleh sekolah sudah sangat membantu. Manajemen guru Bk dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 3 Rukoh Banda Aceh sudah berjalan dengan baik yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi untuk mengetahui peningkatan yang terjadi terhadap siswa dalam meraih prestasi dari hasil belajarsetelah dilakukannya layanan dan arahan beserta bimbingan.