Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pairs Checks terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MA

Main Author: Laila Candra, 261324545
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6115/12/Laila%20Candra.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6115/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6115/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan suatu ilmu yang dalam pembelajarannya saling berkaitan satu sama lain. Sehingga, kemampuan pemahaman konsep harus dimiliki siswa. Namun berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong rendah. Oleh sebab itu kemampuan pemahaman konsep perlu diperbaki, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran pairs checks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pairs checks. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Ulumul Quran dan yang menjadi sampel kelas X-1 dan kelas X-2. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAS Ulumul Quran yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pairs checks lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional