Pengaruh Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI SMAN 1 Simpang Kiri

Main Author: Najmun Majas, 291121700
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/611/1/Najmun%20Majas.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/611/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Kita ketahui bahwa kualitas pendidikan kimia di Indonesia saat ini masih merupakan salah satu bahan yang menjadi perhatian para ahli pendidikan kimia di sekolah. Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan suatu gerakan reformasi dalam pembelajaran sains di sekolah, sebagai upaya membuat siswa melek sains dan teknologi (science and technological literacy) yang telah dimulai sejak dua dekade yang lalu di negara-negara maju. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang “Pengaruh Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Kiri”. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Apakah aktivitas siswa melalui pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terdapat pengaruh keterampilan proses sains pada materi termokimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Kiri? Apakah respon siswa melalui pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terdapat pengaruh keterampilan proses sains pada materi termokimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Kiri? Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan keterampilan proses sains pada materi termokimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Kiri?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunkan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 2,21 > 1,708, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap keterampilan proses sains baik bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Observasi terhadap aktivitas siswa memperoleh persentase pada Kelas eksperimen sebesar 87,5% dan Kelas kontrol sebesar 60%. Respon siswa yang menjawab Sangat setuju 78,3% Sangat tidak setuju 7,3%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap keterampilan proses sains secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas serta respon siswa.