Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMAN 1 Sakti

Main Author: Nurul Fahmi, 291121672
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/608/1/Nurul%20Fahmi.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/608/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia , namun siswa beranggapan bahwa pelajaran kimia sulit di pahami dan membosankan. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa tidak tertarik untuk mempelajari kimia , padahal kimia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari. Pertanyaan dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas siswa terhadap pengguaan media pembelajaran animasi pada materi hidrokarbon? Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan media animasi dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media animasi?. Penelitian ini bersifat kuantitatif . Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, dan lembar aktivitas siswa, pengujian hipotesis menggunakan statistik uji –t . Hasil penelitian terhadap aktivitas siswa dengan rata-rata persentase yang dilakukan oleh dua orang pengamat adalah 90% . Sedangkan hasil tes terhadap hasil belajar siswa , berdasarkan SPSS 20 dimana taraf signifikan α= 0,05 Ternyata memiliki nilai thitung = 3,329 > t tabel =1,671dan P-value <0,05 yaitu 0,01 . Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media animasi memperoleh nilai dengan kategori sangat baik. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media animasi.