Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh

Main Author: Laila, 201121723
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6056/2/Laila.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6056/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6056/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penerapan model inkuiri sangat berkaitan dengan teori belajar konstruktivisme yang berkembang atas dasar psikologi perkembangan kognitif, yaitu perubahan kognitif seseorang hanya akan terjadi jika konsep awalnya mengalami proses ketidak-seimbangan dengan adanya informasi baru. Titik berat teori konstruktivisme adalah gagasan bahwa siswa harus membangun pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran inkuiri, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada pada tema benda-benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas V MIN 11 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data tersebut dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri pada siklus I nilai persentasenya 61,36%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,40%; (2) pada aktivitas siswa saat model inkuiri diterapkan ke dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I nilai persentasenya 60,22% dan pada siklus nilai persentasenya 77,27%; (3) hasil belajar siswa pada siklus I belum tuntas dengan nilai persentase 56,41%, namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai persentase meningkat menjadi 69,23%. Dengan demikian, penerapan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru ketika mengajar dan siswa, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V4 MIN 11 Kota Banda Aceh.