Pengaruh Metode Demontrasi Menggunakan Media Sederhana pada Pembelajaran Konsep Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Bukit Bener Meriah

Main Author: Pitri Damayanti, 140204152
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6022/2/Pitri%20Damayanti.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6022/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6022/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bukit Bener Meriah pada pelajaran fisika materi fluida statis. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika masih dominan dengan metode konvensional, Metode pembelajaran seperti ini menyebabkan keterlibatan seluruh peserta didik dalam aktivitas pembelajaran yang sangat kecil, karena kegiatan pembelajaran didominasi oleh peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi sementara yang memiliki kemampuan rendah hanya menonton saja (pasif). Hal ini menyebabkan sebagian besar peserta didik terutama yang memiliki kemampuan rendah enggan berpikir, sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran fisika. Oleh karena itu peneliti menerapkan suatu metode yang dianggap mampu mengatasi masalah tersebut yaitu metode demonstrasi menggunakan media sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi menggunakan media sederhana pada pembelajaran konsep fluida statis terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Bukit Bener Meriah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen jenis nonequivalent pretest-posttest control group design, dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Kemudian data dan hasil uji statistik dianalisis dengan SPSS 20,0 For Windows. Hasil uji statistik ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,131 > 1,685 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode demontrasi menggunakan media sederhana pada pembelajaran konsep fluida statis kelas XI SMA N 1 Bukit Bener Meriah tahun ajaran 2017/2018.