Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan raya

Main Author: Wiwik Setia Wati, 251324470
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5945/2/Wiwik%20Setia%20Wati.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5945/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5945/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 3 Kuala masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran, siswa masih banyak menerima materi pembelajaran dari guru dan tidak dilibatkan dalam proses bagaimana materi itu di peroleh melalui fenomenafenomena disekitarnya. Pembelajaran di dalam kelas banyak dilakukan dengan metode ceramah, dan kurangnya fasilitas laboratorium di sekolah membuat pembelajaran fisika jarang sekali mengunakan metode eksperimen. Maka diperlukan model pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa/i SMA Negeri 3 Kuala yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah digunakan model PBL diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,11 > 1,68 maka Ha diterima, artinya hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.