Penerapan Model Kooperatif SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Main Author: | Hasbullah, 261324579 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5824/2/Hasbullah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5824/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5824/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Pemahaman konsep matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketelitian siswa dan pemahaman konsep-konsep dasar yang dimiliki siswa, hal tersebut terlihat pada hasil tes awal pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Oleh karena itu, perlu diupayakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah SQ3R, langkah-langkah SQ3R yaitu: Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Apakah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif SQ3R lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional? Rancangan penelitiannya quasi eksperiment dengan desain Pretest Postest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Besar, sampel kelas VII/1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII/3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tulis pemahaman konsep matematika. Dari hasil penelitian menggunakan statistik uji-t diperoleh t_hitung=3,72 dan t_tabel=1,675. Oleh karena t_hitung>t_tabel maka terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika siswa MTsN 1 Aceh Besar yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif SQ3R lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.