Penerapan Media Kartu pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh
Main Author: | Bahrel Anuar, 201325153 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5736/1/Bahrel%20Anuar.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5736/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5736/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa di kelas IV MIN 11 Banda Aceh yang minat dan motivasi belajarnya masih kurang sehingga perlu adanya perbaikan mengenai pembelajaran pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku melalui penerapan Media Kartu.Permasalahan yang dihadapi yaitu penggunaan metode yang di gunakan kurang menarik minat belajar siswa. Penerapan Media Kartu menjadi salah satu untuk dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa terhadap penerapan Media Kartu pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan Media Kartu pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 25 siswa dengan KKM individu 70 dan klasikal 75%. Sedangkan pengumpulan data menggunakan : lembar observasi dan tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I yaitu 75% dan meningkat pada siklus II yaitu 84,7%, dan pada siklus III yaitu 97,2%. (2) aktivitas siswa pada siklus I 78,9%, meningkat pada siklus II yaitu 84,2%, dan meningkat pada siklus III yaitu 97,3%. (3) prestasi belajar siswa siklus I yaitu 44%, meningkat pada siklus II 64%, dan meningkat pada siklus III 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Kartu pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif dan prestasi belajar siswa terhadap tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV MIN 11 Banda Aceh lebih meningkat.