Penggunaan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan di Sma Negeri 4 Aceh Barat Daya
Main Author: | Lisa Ariyana, 281324836 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5725/2/Lisa%20Ariyana.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5725/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5725/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 4 Aceh Barat Daya masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan rancangan one-group design pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Aceh Barat Daya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI.IA3 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel paada penelitian ini secara porpusive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa pada saat pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil aktivitas tergolong kategori aktif pada pertemuan pertama 63%, dan pertemuan kedua 76% tergolong kategori sangat aktif, sedangkan nilai rata-rata pre-test yaitu 24,5, dan nilai rata-rata post-test yaitu 82,25. Hasil uji-t menunjukkan thitung (47,33) > ttabel (1,73). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan pembelajaran dengan penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.