Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie

Main Author: Fathiya Rizqina, 140204091
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5664/2/Fathiya%20Rizqina.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5664/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5664/
http://library.ar.raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran, siswa masih banyak menerima materi pembelajaran dari guru dan tidak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung pasif. Pembelajaran di dalam kelas banyak dilakukan dengan metode ceramah, dan kurangnya fasilitas laboratorium di sekolah membuat pembelajaran fisika jarang sekali mengunakan eksperimen (percobaan). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X IPA SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dengan populasi seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie dan sampel pada penelitian ini adalah siswa/i SMA Negeri 1 Sakti yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 orang dan X IPA4 sebagai kelas control dengan jumlah ssiwa 26 orang. Instrumen penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,58 > 1,67 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie.