Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kemampuan Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Man Abdya
Main Author: | Mazwan, 140208004 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5634/2/Mazwan.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5634/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5634/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Masih rendahnya kemampuan literasi sains pada mata pelajaran kimia khususnya materi laju reaksi sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Maka Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi sangat perlu dilakukan karena materi tersebut mengharuskan adanya percobaan sehingga siswa akan mudah mengerti terhadap materi laju reaksi. Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya. Bentuk rancangan penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa XI MIA-1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa. berdasarkan hasil analisis uji-ttest diperoleh nilai thitung = 13,6 dan ttabel dengan signifikan α = 0,05.dk = (n-1) = (38-1) = 37 dan peluang 0,95 di dapatkan t0,95(38) = 1,68 sehingga thitung > ttabel ini berarti berada didaerah penolakan H0 dan terima Ha pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa“Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya”.