Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Dididk pada Materi Fluida Statis Kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji

Main Author: Fazil Indra Permana, 251324484
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5633/1/Fazil%20Indra%20Permana.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5633/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5633/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh beberapa hal, diantaranyakarena pembelajaran yang dilaksanakan di kelas masih kurang efektif dan efisien,proses pembelajaran sering berorientasi pada pendidik, sehinggapeserta didikkurang termotivasidalam mengikuti pembelajaran. Penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji, 2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik di kelas melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMAN 1 Labuhanhaji, 3) Untuk mengetahui respon peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournamentsterhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X di SMA Negeri 1 Labuhanhaji.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dari data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakanUji-t,hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 1,82>1,68. Selain itu, melalui model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament aktivitas peserta didik lebih meningkat dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments dapat berpengaruh terhadap peningkatanhasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X SMAN 1 Labuhanhaji.