Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh pada Konsep Suhu
Main Author: | Nurmasyitah, 251121374 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5550/2/Nurmasyitah.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5550/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5550/ http://library.ar.raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Inshafuddin Banda Aceh, secara umum proses belajar mengajar masih berpusat pada guru dan jarangnya melakukan eksperimen atau menggunakan LKS sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, bagaimana respon siswa dan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran fisika pada konsep suhu dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pretest-posttest yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini tidak secara acak, tetapi berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh sebesar 82,4 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 53,2. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil pengolahan data ternyata thitung > ttabel yaitu 31,79 > 1,67 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan metode eksperimen. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode eksperimen mendapatkan respon sangat baik, hal ini dapat dilihat dari siswa yang menjawab setuju 86% terhadap pernyataan angket. Pada aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran menggunakan metode Eksperimen dengan persentase 90,44% tergolong sangat baik dan aktivitasi siswa dengan persentase rata-rata 96,71% tergolong sangat baik.