Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery learning Siswa Kelas IV MIN 18 Aceh Selatan

Main Author: Bidril Muttaqin, 201223474
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5537/2/Bidril%20Muttaqin.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5537/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5537/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN 18 Aceh Selatan dikelas IV, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 18 AcehSelatan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 18 Aceh Selatan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I sebesar 3,72 dan siklus II sebesar 4,44, (2).Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,36 dan siklus II sebesar 4,36. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Discovery Learning mengarahkan siswa belajar secara aktif dan saling bekerja sama. Sehingga, siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. (3)hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dan individual. Hal ini dikarenakan penggunaan model Discovery learning telah melibatkan siswa belajar secara aktif dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan. Pada siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 72,32. Pada siklus II nilai rata-rata siswa tercapai sebesar 83,75.