Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar

Main Author: Fitriah, 201223414
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/548/1/Fitriah%20Marhaban
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/548/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nama : Fitriah NIM : 201223414 Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / PGMI Judul : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar Tanggal Sidang : 07 Februari 2017 Tebal Skripsi : Pembimbing I : Dr. Jailani, M. Ag Pembimbing II : Daniah, S,Si, M. Pd Kata Kunci : Model Inkuiri, Meningkatkan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA yang diterapkan oleh guru didalam kelas belum dapat memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Guru masih menerapkan pembelajaran teacher-centered yaitu guru yang menyampaikan materi sedangkan siswa hanya duduk, mendengar, dan mencatat yang diberikan oleh guru. Rendahnya tingkat kemampuan berpikir siswa juga disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran seperti tidak berani untuk bertanya dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan tujuan: (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Tungkob Aceh Besar, (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA di kelas V MIN Tungkob Aceh Besar, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus masingmasing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-3 MIN Tungkob Aceh Besar yang berjumlah 35 siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian selama tiga siklus menunjukkan aktivitas guru pada siklus satu dengan nilai 69,64% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan 75% (baik), dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 89,28% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 66,85% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan 73,21%, pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 85,71% (sangat baik). Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dengan nilai 61,36% (cukup kritis), pada siklus II mengalami peningkatan 68,34% (kritis), pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 81,82% (sangat kritis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dikelas V MIN Tungkob Aceh Besar.