Pengaruh Model Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAS Babun Najah Banda Aceh
Main Author: | Rahmatita, 140208060 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5358/1/Rahmatita.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5358/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5358/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MAS Babun Najah menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi tata nama senyawa belum seluruhnya mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu penyebabnya adalah cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan sangat jarang menggunakan model pembelajaran, akibatnya siswa menjadi pasif dan berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model mastery learning terhadap hasil belajar siswa di MAS babun najah. Rancangan penelitian adalah pra eksperimen dengan design the one shot case study, Sampel adalah siswa kelas X MIPA 1, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk multiple choice. Analisis data menggunakan uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa adalah 80,63 dan standar deviasi 8,94. dan didapatkan nilai thitung adalah 3,449. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 3,449 > 1,699. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model mastery learning pada materi tata nama senyawa di MAS babun najah.