Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di MAN 1 Aceh Barat
Main Author: | Fitri Arnita, 140208009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5344/3/Fitri%20Arnita.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5344/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5344/ http://library.ar-raniry.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi kimia yang banyak berhubungan dengan angka-angka sehingga membutuhkan kemampuan berpikir dan analisis yang tinggi dalam berhitung. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-experimental design, dengan menggunakan desain one-shot case study. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Aceh Barat dengan jumlah 36 siswa. Data hasil tes yang diperoleh menggunakan uji t independen diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah jika dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat.