Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri di MAN I Pidie

Main Author: Raudhatul Hanifa, 291325014
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/531/1/PDF%20DIGABUNG%20KESELURUHAN%20ISI.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/531/
https://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MAN 1 Pidie menunjukkan proses pembelajaran kimia dilakukan dengan menjelaskan materi, rumus-rumus, dan memberikan contoh soal. Selain itu siswa jarang melakukan praktikum dan pembelajaran lebih sering dilakukan di kelas. Sehingga siswa kurang aktif. Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menerapkan model PBL. Pemberian masalah terhadap siswa dapat merangsang siswa lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian pre eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X IPA 2 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis menggunakan teknik persentase waktu ideal dalam toleransi 5%, hasil tes dianalisis menggunakan rumus N-Gain dan uji-t serta respon siswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas siswa yang relevan selama proses pembelajaran adalah sebesar 88,99%. Hasil belajar siswa diperoleh 24 siswa berkriteria tinggi dan 6 siswa berkriteria sedang. Berdasarkan data yang dianalisis menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005 maka dapat diputuskan bahwa Ho ditolak. Respon siswa terhadap model PBL dengan hasil persentase menjawab sangat tidak setuju 0,67%, siswa tidak setuju 5,55%, siswa setuju 73,55%, dan siswa setuju 20,22%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri.