Pengaruh Metode Scaffolding dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di MAN 2 Banda Aceh
Main Author: | Annisa Fahni, 140208026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5307/1/Annisa%20Fahni.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5307/2/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5307/ http://library.ar-raniry.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Kimia merupakan salah satu pelajaran eksakta yang berhubungan dengan operasi matematika sehingga mempelajari ilmu kimia juga membutuhkan kemampuan berhitung. Kemampuan numerik merupakan kemampuan khusus dalam ilmu hitung, sehingga kemampuan numerik mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal yang berhubungan dengan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode scaffolding dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode scaffolding pada materi laju reaksi di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancanganpenelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas untuk kategori kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah berturut-turut adalah 0,200 dan 0,136, nilai signifikansi uji homogenitas adalah 0,069 serta nilai signifikansi uji-t independen adalah 0,0005 sehinggadapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah jika dibelajarkan dengan metode scaffolding pada materi laju reaksi di MAN 2 Banda Aceh. Hasil respon siswa yaitu 89,65% yang mengindikasikan bahwa siswa tertarik belajar dengan menerapkan metode scaffolding pada materi laju reaksi.