Penerapan Student Team Achievement Division (STAD)Berbasis Media PhET pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panton Labu

Main Author: Putri Novira, 140208040
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5285/2/Putri%20Novira.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5285/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5285/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Panton Labu pada pencapaian hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) berbasis media PhET (Physics Education Technology). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran dengan penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Panton Labu? Apakah penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa? Bagaimana respon siswa dalam belajar dengan penerapan model STAD berbasis media PhET? Apakah penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Panton labu?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes, kemudian data tersebut dianalisis melalui rumus persentase. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 3,61 dan pada siklus II sebesar 3,9. Aktivitas siswa pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 3,64 dan pada siklus II sebesar 3,91. Hasil respon siswa menunjukkan 94,3% siswa setuju dan 5,7% siswa tidak setuju terhadap kegiatan pembelajaran kimia pada materi elektrolit dan nonelektrolit menggunakan model STAD berbasis media PhET. Hasil belajar siswa pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 72,67 dan pada siklus II sebesar 84,7. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student team achievement division (STAD) berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Panton labu.