Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar
Main Author: | Izar Wiyandi, 251222789 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5267/2/Izar%20Wiyandi.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5267/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5267/ http://library.ar-raniry.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika sangat rendah. Peserta didik menganggap bahwa pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit dan susah dimengerti. Peserta didik kurang semangat, bosan dan kurang berperan ketika belajar, khususnya pada materi usaha dan energi. Proses pembelajaran yang terjadi tersebut membuat siswa menjadi lebih dominan hanya menerima apa yang diajari guru. Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Eksperimen dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Darul Ihsan Aceh Besar sebanyak empat kelas yaitu kelas XI (5A), XI(5B), XI(5C) dan XI(5D). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI (5C) yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA (5D) yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kotrol untuk melakukan penelitian. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen, dengan Pre test Post test Control Group Design. Sesuai dengan hasil penelitian didapatkan bahwa yaitu 12,41 > 1,67, maka dapat dinayatakan bahwa Ha diterima artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen pada materi usaha dan energi.