Pengembangan Panduan Praktikum Asam Basa dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Sigli

Main Author: Ernaliza, 140208163
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5265/1/Form%20B%20dan%20Form%20D.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5265/2/Ernaliza.pdf
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5265/
http://library.ar-raniry.ac.id
Daftar Isi:
  • Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah, kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam panduan praktikum sebagai media pembelajaran. Di SMA Negeri 2 Sigli tidak tersedia panduan praktikum dan sebagian besar peserta didik belum mampu menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Untuk mengetahui respon guru terhadap panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Untuk mengetahui respon siswa terhadap panduan praktikum asam basa dengan mengintegrasikan kearifan lokal di SMA Negeri 2 Sigli. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model sugiono dan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket kemudian data dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari hasil validasi tim ahli yaitu 88,33%, hasil respon guru diperoleh rata-rata presentase 80%, hasil akhir angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 91%. Dapat disimpulkan jumlah presentase oleh Tim Ahli dengan kriteria sangat valid. Respon guru dan siswa dinyatakan dengan kriteria sangat tertarik. Ernaliza